Disaster Center Universitas Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Pentingnya Vaksinasi Dalam Menghadapi Pembelajaran Offline

Disaster Center Universitas Jenderal Achmad Yani Mengadakan Webinar Pentingnya Vaksinasi Dalam Menghadapi Pembelajaran Offline

Namun, hasil uji klinis vaksin terhadap lansia disebut menunjukkan dampak yang sedikit berbeda dengan kelompok usia lebih muda. Diduga faktor siklus imunitas berperan dalam hal ini dan memengaruhi efektivitas dari vaksin. Seiring bertambahnya usia, tubuh manusia umumnya akan mengalami transformasi atau perubahan, termasuk pada kekebalan tubuh.

Pentingnya vaksinasi

Vaksin Covid-19 tidak hanya melindungi Anda dari penyebaran virus corona, tapi juga orang-orang di sekitar Anda yang belum atau tidak bisa mendapatkan vaksin. Namun tidak dapat dimungkiri pelaksanaan vaksin di masa pandemi mengalami banyak tantangan. Penilaian cepat dari Kementerian Kesehatan dan Unicef yang dilakukan pada 2020 lalu terhadap lebih dari 5.300 fasilitas kesehatan di Indonesia menunjukkan 84% responden mengatakan layanan imunisasi anak terganggu akibat Covid-19.

INFOnews.id | Sampang – Sekretaris MWC NU Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang, Syueb menyambut baik antusias masyarakat Pantura Sampang yang melakukan vaksinasi di wilayahnya masing masing. Dia mengakui, masyarakat awalnya banyak yang apatis bahkan tendensius terkontaminasi oleh hoax yang menyebar di media sosial. Presiden berharap, pentingnya vaksinasi itu dapat membuat seluruh pemangku kepentingan bergerak cepat dalam melakukan vaksinasi. Semakin cepat hal itu dilakukan, maka terjadinya herd immunity akan semakin cepat terwujud. Terbuat dari mikroorganisme yang belum tentu diproduksi oleh tubuh, vaksin kerap mendatangkan tanda tanya.

Dengan prosedur vaksinasi yang benar diharapkan diperoleh kekebalan yang optimum, penyuntikan yang aman dan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi yang minimal. Ketika kamu divaksinasi, kamu tidak hanya melindungi dirimu sendiri, namun juga keluarga dan orang-orang di sekitarmu. Saat ini, vaksin hanya diberikan kepada mereka yang sehat, tidak memiliki penyakit berat, berusia di atas 18 tahun, dan persyaratan lainnya. Mereka yang tidak bisa divaksinasi mengandalkan kamu yang dapat divaksinasi untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Semakin banyak orang yang divaksinasi, semakin kecil kemungkinan orang yang terinfeksi menularkan penyakit ini ke orang lain.

Ia menerangkan pada gelombang pertama, pedagang banyak yang mendaftar pada hari “H” pelaksanaan vaksinasi. Direktur Pembinaan Pedagang PD Pasar Surya, Taufiqurrahman mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelaksanaan vaksinasi sebelumnya. Menurutnya, vaksinasi dosis 1 telah dilaksanakan bulan Maret-April lalu, dilanjutkan dosis 2 sekitar bulan Mei-Juni. Hal tersebut merupakan salah satu akibat menerima informasi yang tidak benar, sehingga tidak menerapkan Prokes dalam melaksanakan kegiatan kemasyarakatan. Ada dua indikator objektif tentang hasil kerja sama Pemprov Sumut dan Kabupaten/Kota dalam mengatasi penyebaran Covid- 19 yakni minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi meningkat dan tingkat kesembuhan meningkat.

Comments are closed.