Lahirnya Voc Kekuasaan Kongsi Dagang Voc

Lahirnya Voc Kekuasaan Kongsi Dagang Voc

Berdasarkan gagasan di atas VOC dihentikan pada tanggal 31 Desember 1799 dengan hutang 136,7 juta gulden dan kekayaan yang dihindarkan berupa kantor dagang, gudang, benteng, kapal serta daerah kekuasaan di Indonesia. Pada tahun 1596 empat kapal ekspedisi dipimpin oleh Cornelis de Houtman berlayar menuju Indonesia, dan merupakan kontak pertama Indonesia dengan Belanda. Ekspedisi ini mencapai Banten, pelabuhan lada utama di Jawa Barat, disini mereka terlibat dalam perseteruan dengan orang Portugis dan penduduk lokal. Setelah kehilangan separuh awak maka pada tahun berikutnya mereka memutuskan bagi kembali ke Belanda namun rempah-rempah yang dibawa cukup bagi menghasilkan keuntungan. Mendapat hak monopoli perdagangan di daerah antara Tanjung Harapan dan Selat Magelhaen .

Namun, tetap saja VOC adalah pihak yang paling diuntungkan karena pejabat kerajaan dituntut untuk menyediakan kapal kora-kora beserta awak kapalnya guna berlayar menuju kerajaan-kerajaan atau pulau-pulai lain. Imbalan yang di dapat para pejabat kerajaan dan rakyatnya adalah ganti rugi yang setimpal dengan harga pemusnahan tanaman dan tenaga pendayung. Juga penting untuk disebutkan bahwa makin banyak orang Belanda sadar akan sejarahnya yang penuh kekerasan .

KOngsi dagang

Sudah sejak dahulu Indonesia dikenal memiliki kekayaan alam berupa hasil rempah-rempah yang besar. Seiring berjalannya waktu, kompeni Belanda itu semakin bertumbuh pesat. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh berlimpahnya modal di Republik yang memungkinkan VOC untuk lebih maju dibandingkan lawannya.

Rempah-rempah dicari bangsa Eropa karena manfaatnya sebagai penghangat dan bisa dijadikan pengawet makanan. Selain karena harganya yang mahal, memiliki rempah-rempah juga menjadi simbol kejayaan seorang raja pada saat itu. Dari faktor-faktor tersebut, banyak bangsa Eropa yang berusaha untuk menemukan daerah penghasil rempah-rempah, salah satunya Indonesia. Agar wilayah kekuasaan semakin luas dan kuat, maka VOC juga memiliki tujuan untuk menguasai kerajaan-kerajaan di nusantara. Hal inilah yang kemudian memicu dibentuknya VOC, salah satunya untuk menguasai rempah-rempah yang dimiliki bangsa Indonesia.

VOC terus berusaha memperluas daerah-daerah di Nusantara sebagai wilayah kekuasaan dan monopolinya. Mengawali ekspansinya tahun 1605 VOC telah berhasil mengusir Portugis dari Ambon. Pada tanggal 20 Maret tahun 1602, Belanda mendirikan Deposit LINK AJA bernama VOC , dengan tujuan sebagai berikut.

Tidak kurang dari 290 kapal Kongsi Dagang Hindia Timur tenggelam di lautan Indonesia. Selain pertempuran dengan kongsi dagang pesaingnya maupun dengan penguasa-penguasa Nusantara, banyak kapal karam karena kelebihan muatan dengan barang dagangan pribadi. Tidak hanya sebagai perusahaan raksasa abad pertengahan, VOC juga disebut sebagai emiten dan bursa saham pertama di dunia. Bursa di kota Amsterdam didirikan oleh VOC pada 1602 untuk urusan perdagangan saham dan obligasi, sebagai upaya untuk mendanai kegiatan maritimnya. VOC sendiri didirikan lewat merger 4 perusahaan dagang, yakniBrabantsche Compagnie,Compagnie van Verre,Compagnie can De Moucheron, danVeerse Compagnie. Perlakuan kasar Belanda terhadap pedagang Makassar tentu saja membuatnya sebagai orang Eropa yang pantas dijauhi.

Comments are closed.