Sosialisasi Masif Dan Pentingnya Vaksinasi Covid

Sosialisasi Masif Dan Pentingnya Vaksinasi Covid

Mari kita bersama-sama menjadi orang yang bermanfaat demi masyarakat, mengharumkan nama Universitas ini,” ungkap Bimo. Menurut Bimo, meskipun cukup sulit menyelesaikan Tugas Akhir di masa pandemi ini. Namun, rasa bahagia yang sangat besar yang tak bisa tertahan karena telah menyelesaikan studi di tempat yang diyakini merupakan salah satu Universitas terbaik karena selama melakukan penelitian didukung dengan fasilitas yang sangat lengkap. Sebelumnya Jokowi menegaskan PPKM mikro masih menjadi upaya terbaik penanganan covid-19 di Indonesia dengan tetap memperhatikan semua sektor.

Vaksin merupakan mikroorganisme yang dilemahkan atau dimatikan, memiliki sifat imunogenic yang dapat menimbulkan imunitas atau efek kekebalan tubuh. Dirinya mengatakan, media merupakan pihak yang harus menjadi sumber legitimate dalam mengedukasi masyarakat perihal vaksinasi tersebut. Tidak dapat dipungkiri, tingkat literasi masyarakat Indonesia kini masih terbilang rendah, sehingga diperlukan pihak penting seperti pemerintah dan media dalam upaya sosialisasi mengenai pentingnya vaksinasi di Indonesia. Sebentar lagi, masyarakat Indonesia akan segera mendapatkan vaksin Covid-19 atau virus corona. Sebelum didistribusikan, masyarakat harus menunggu persetujuan emergency use authorization dari Badan Pengawas Obat dan Makanan .

Fungsi vaksin bukan hanya bertujuan untuk memutuskan rantai penularan penyakit atau menghentikan wabah yang sudah terjadi. Setelah semua kelompok prioritas di atas mendapat vaksin Covid-19, vaksinasi akan dilanjutkan ke kelompok penerima vaksin Covid-19 lainnya, mulai dari penduduk di daerah yang banyak kasus Covid-19 sampai ke seluruh pelosok Indonesia. Saat ini, jumlah vaksin yang tersedia di Indonesia masih belum cukup untuk diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia sekaligus. Maka dari itu, ada beberapa kelompok yang diprioritaskan untuk mendapat vaksin Covid-19 terlebih dahulu. Pasalnya, masih banyak orang tua yang belum menerapkan aturan ketat terhadap anaknya untuk sementara waktu hanya boleh bermain dengan aggota keluarganya yang satu rumah saja. Sonora.ID -Meski awalnya vaksinasi Covid-19 tidak ditargetkan untuk anak-anak, tetapi kebijakan yang dikeluarkan beberapa bulan yang lalu menyatakan bahwa vaksinasi aman untuk diterima oleh anak usia tahun.

JAKARTA, suaramerdeka.com – Vaksin sejak pertama kalinya ditemukan, dalam perkembangannya dipercaya ampuh untuk melawan berbagai penyakit infeksi. Vaksinasi yang dilakukan sejak dini juga dapat menekan angka kematian hingga menghilangkan sejumlah virus mematikan seperti polio dan campak. Juga dikatakan oleh dr. Nadia bahwa angka mortalitas lansia adalah yang paling tinggi jika dibandingkan dengan golongan lainnya. Defli juga mendorong pemerintah dan berbagai instansi terkait agar lebih memasifkan kembali pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan cara menggandeng berbagai elemen dan organisasi masyarakat yang masih belum dirangkul. Agar semua elemen masyarakat dapat ikut berperan dalam menyukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 ini dan tentunya harapan kita semua dapat keluar dari situasi pandemi ini.

Dirinya mengatakan, masyarakat membutuhkan pihak yang dapat dipercaya, khususnya mengenai hal seperti vaksin, yang tentu dibutuhkan informasi yang jelas dan legitimate untuk dapat dicerna dan dapat dipahami. Sehingga, pemerintah dapat mudah untuk melakukan program vaksinasi tersebut, demi keberlangsungan aktivitas seluruh masyarakat yang akan dijalani kedepannya. Kunci dari pencapaian untuk eliminasi jenis penyakit adalah 95% dari jumlah populasi memiliki kekebalan tubuh melalui vaksinasi dua dosis.

Pentingnya vaksinasi

Hal ini mengakibatkan vaksinasi tetap dibutuhkan untuk melindungi diri kita dan orang di sekeliling kita. Dengan vaksinasi, kemungkinan tertular penyakit menjadi lebih kecil dan jika kita terjangkit penyakit tersebut keparahan yang dirasakan lebih ringan dibandingkan orang yang tidak divaksin sama sekali. Ketiga, vaksinasi COVID-19 dapat melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh.

Oleh sebab itu, meski pemprov DKI Jakarta sudah memenuhi target dengan vaksinasi 7,5 juta orang, angka itu dirasa Anies belum cukup. Karena itu, ia juga meminta agar masyarakat yang rutin beraktivitas di Jakarta, meski bukan KTP DKI, tetap divaksinasi Covid-19. Apabila ada tiga atau lebih jawaban “ya” pada pertanyaan tersebut, maka vaksin tidak dapat diberikan.

Jika terdapat demam atau gejala yang berat, maka penderita harus menjalani istirahat complete di rumah. Minum banyak cairan dapat membantu mengencerkan secret atau lendir hidung sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan. Selain untuk mencegah seseorang terserang suatu penyakit, beberapa vaksin juga dapat melindungi terhadap infeksi.

Vaksinasi Covid-19 ini sama seperti vaksin pada umumnya, yakni bertujuan untuk membuat sistem kekebalan tubuh seseorang mampu mengenali dan melawan bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh mereka. Dengan banyaknya masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam menjalani vaksin diharapkan angka kematian dari virus Covid-19 ini menurun. Meskipun vaksin tidak one hundred persen melindungi seseorang dari infeksi Covid-19, vaksin ini dapat meminimalisir terjadinya gejala berat dan komplikasi yang diakibatkan oleh Covid-19. Pemberian vaksin pada kelompok lansia diharapkan bisa ikut melindungi orang lain yang belum mendapat vaksin, yakni mencegah terjadinya infeksi dan penularan atau mencegah gejala berat yang berakibat fatal jika mereka tetap terinfeksi virus.

Comments are closed.